3 Cara Kerja Mesin Kopi yang Perlu Diketahui

Cara Kerja Mesin Kopi yang Perlu Diketahui

Jika Anda seorang penikmat kopi, pasti Anda membutuhkan secangkir kopi hitam pekat untuk menemani aktivitas di pagi hari. Untuk bisa menikmati secangkir kopi setiap saat, tentunya Anda harus belajar cara membuatnya sendiri. Nah, buat Anda yang tertarik untuk membuat kopi sendiri, ketahui terlebih dahulu cara kerja beberapa mesin kopi berikut ini.

Cara Kerja Mesin Espresso

Secangkir kopi dengan citarasa yang nikmat membutuhkan kerjasama antara mesin kopi dan barista (Orang yang membuat kopi). Saat membuat kopi, barista berpengalaman akan menyatu dengan alat yang biasa mereka gunakan. Sebab itulah Anda harus memahami cara kerja mesin espresso agar bisa mengetahui waktu yang tepat untuk mengatur suhunya.

Secara umum, saat membuat kopi espresso, barista akan menuangkan bubuk kopi ke dalam portafilter, kemudian memadatkannya menggunakan tamper dan juga mengekstraknya ke group head. Hingga akhirnya jadilah secangkir kopi espresso yang siap disajikan.

Mesin espresso sendiri terbagi ke dalam berbagai variasi. Mulai dari manual, semi otomatis hingga yang super otomatis. Selain itu ada juga yang portable. Dalam segi ukuran, mesin espresso juga terbilang kecil, sehingga membuatnya lebih mudah untuk dibawa kemana-mana.

Cara Kerja Rock Presso

Sama halnya dengan mesin espresso, rock presso juga digunakan untuk membuat secangkir kopi espresso. Bedanya, mesin ini tidak membutuhkan tenaga listrik. Bentuknya sendiri menyerupai jam pasir yang kedua sisinya ada lengan ayun. Mesin ini biasanya terbuat dari bahan alumunium dengan kualitas yang tinggi.

Mesin ini juga cukup sederhana untuk digunakan. Anda hanya perlu menuangkan bubuk kopi ke dalam portafilter. Selanjutnya, pasang portafilter pada dudukan yang sudah disediakan. Jika Anda menginginkan hasil yang lebih optimal, Anda bisa mencelupkan portafilter ke air panas terlebih dahulu sebelum diletakkan di dudukan.

Kemudian, masukkan air panas yang masih mendidih dengan takaran double espresso ke wadah mesin rock presso. Pastikan lengan mesin berada pada posisi tertutup. Perlu diingat, untuk menghasilkan rasa terbaik, gunakan air bersih dan segar.

Langkah berikutnya, tarik kedua lengan secara perlahan ke atas. Setelah itu, air akan membasahi permukaan bubuk kopi. Selanjutnya, tekan kedua lengan ke arah bawah dengan satu gerakan mantap dan seimbang. Gerakan ini nantinya akan menghasilkan tekanan.

Setelah mentok, tahan posisi tersebut menggunakan jemari lain. Setelah air ekstraksi tidak menetes lagi, lepaskan jemari yang Anda gunakan untuk menahan posisi mesin rock presso tersebut. Secangkir kopi espresso pun sudah siap disajikan.

Cara Kerja Minipresso

Mini presso merupakan mesin pembuat kopi espresso yang manual yang tidak membutuhkan tenaga listrik sedikitpun. Minipresso sangat mengandalkan kekuatan tangan Anda untuk mengoperasikannya.

Sekedar informasi, minipresso terdiri dari tiga bagian. Bagian atas terdiri dari wadah takar yang digunakan sebagai wadah meletakkan kopi yang ingin diseduh. Bagian tengah berupa pressure regulator. Pada bagian ini juga terdapat piston yang bisa menghasilkan kompresi udara. Serta bagian bawah berupa wadah untuk menampung air panas.

Jika Anda mempunyai mesin jenis ini, dan ingin membuat kopi espresso yang benar. Pertama-tama, masukkan bubuk kopi ke wadah yang ada di bagian atas. Padatkan dengan tamper yang sudah disediakan di bawah mesin. Tempelkan wadah ke bagian tengah dan kencangkan dengan cara diputar.

Masukkan air mendidih ke wadah bagian bawah. Setelah itu, gabungkan juga ke bagian tengah. Setelah semua bagian menyatu, tahap berikutnya adalah proses memasak kopi dengan bantuan kompresi udara.

Jika anda bertanya mengena bagaimana cara mendapatkan kompresi udaranya? Anda hanya perlu memompanya layaknya memompa ban sepeda. Proses memompa ini tidak membutuhkan waktu lama untuk menghasilkan secangkir kopi espresso yang siap Anda nikmati.

Sekedar informasi, meski tidak dibutuhkan tenaga yang besar saat memompa, tetap dianjurkan untuk menggunakan kedua tangan. Anda hanya perlu memompa sebanyak 13 kali untuk menghasilkan secangkir kopi ristretto, 18 kali untuk kopi espresso dan 28 kali untuk double espresso.

Itu dia tiga cara kerja dari beberapa mesin kopi yang biasa digunakan untuk membuat secangkir kopi espresso. Selain memperhatikan cara kerjanya, untuk menghasilkan cita rasa yang nikmat, pastikan kombinasi bubuk kopi dan volume airnya sesuai dengan takaran.

By admin
No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.