5 Penyebab Utama Gigi Berlubang yang Harus Anda Hindari

5 Penyebab Utama Gigi Berlubang yang Harus Anda Hindari

Gigi yang mengalami penumpukan plak atau karang gigi bisa menyebabkan masalah gigi berlubang bila tidak melakukan penanganan ke dokter gigi lebih lanjut. Bila gigi sudah berlubang, maka risiko Anda mengalami rasa nyeri sangat tinggi. Untuk mencegah risiko gigi berlubang sejak dini, sebaiknya lakukan scaling gigi secara rutin agar penumpukan plak bisa dibersihkan secara konsisten. Meskipun demikian, Anda harus tahu penyebab gigi alami kerusakan sejak dini, ya!

Penyebab Gigi Berlubang

Meskipun Anda melakukan scaling gigi secara rutin, kebiasaan buruk dalam merawat kesehatan gigi dan mulut bisa menyebabkan masalah gigi berlubang ini. Agar bisa mencegah dampak buruk gigi berlubang dan rusak, sebaiknya ketahui penyebab gigi berlubang yang bisa Anda hindari sejak awal yaitu :

1.                 Tidak menyikat gigi

Kebiasaan buruk tidak menyikat gigi secara rutin setelah makan bisa menyebabkan gigi Anda berlubang. Setidaknya Anda harus rajin menyikat gigi minimal dua kali sehari atau sikat gigi setelah makan agar tidak ada sisa kotoran yang menempel di sela-sela gigi.

2.                 Penumpukan plak atau karang gigi

Penumpukan plak yang terus menerus akan menyebabkan karies gigi Anda, lho! Pastikan Anda rajin membersihkan penumpukan plak dengan proses scaling serta mencegah bakteri yang menyebabkan plak tumbuh semakin cepat. Plak bisa disebabkan oleh sisa gula pada makanan yang tertinggal di sela gigi sehingga Anda harus hindari makanan yang mengandung gula tinggi.

3.                 Air liur yang minim

Penyebab air liur yang minim antara lain suka mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Padahal air liur berfungsi membersihkan sisa makanan atau gula yang menempel di sela atau rongga gigi Anda.

4.                 Suka mengkonsumsi makanan yang merusak gigi

Sebaiknya Anda menghindari beberapa makanan yang bisa menyebabkan kerusakan gigi seperti permen, buah jeruk dalam jumlah yang berlebihan, kentang goreng, minuman bersoda, kafein, dan lain-lain.

5.                 Menderita penyakit asam lambung

Penyebab orang mengalami gigi berlubang tidak hanya kekurangan fluor, tetapi penderita asam lambung rentan mengalami hal yang sama. Penyebab gigi berlubang bisa disebabkan karena refluks asam yang naik ke kerongkongan hingga daerah mulut yang bisa merusak lapisan enamel gigi. Untuk mencegah kerusakan lebih parah, Anda harus berkonsultasi dengan dokter dalam menangani penyakit asam lambung tersebut.

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan gigi Anda dengan rajin menyikat gigi, membersihkan gigi dengan benang gigi yang aman, rajin melakukan pemeriksaan dan scaling gigi ke klinik profesional di dekat domisili. Rajin melakukan pemeriksaan gigi minimal enam bulan sekali bisa membantu Anda memiliki kebersihan gigi dan mulut yang memuaskan. Jangan menunggu keluhan nyeri karena gigi berlubang telah menyerang saraf, baru Anda mau pergi ke dokter gigi, ya!

By admin
No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.