Cara Membuat Rendang Ayam dengan Tekstur Lembut

Cara Membuat Rendang Ayam dengan Tekstur Lembut

Rendang merupakan salah satu makanan favorit di Indonesia. Tak hanya terbuat dari daging sapi, rendang ternyata juga bisa dibuat dari daging ayam. Menu ini jadi pilihan tepat bagi orang-orang yang ingin menikmati rendang tapi tak suka daging sapi. Berikut ini adalah petunjuk cara membuat rendang ayam yang enak dan teksturnya lembut.

Hal pertama yang penting dilakukan adalah memilih bagian ayam yang tepat, Agar nantinya rendang ini terasa empuk dan nikmat, maka sangat disarankan untuk menggunakan bagian dada ayam. Selain empuk, bagian ini juga kaya daging sehingga rendang yang dihasilkan nanti bisa lebih banyak. Bagian ini juga tebal sehingga lebih mudah dipotong-potong sebelum diolah.

  • Rebus Daging Ayam

Sebelum mulai mengolah daging ayam dengan bumbu rendang, terlebih dahulu silakan rebus daging. Merebus daging merupakan salah satu upaya untuk membuat tekstur daging menjadi lebih empuk. Proses perebusan ini bisa dilakukan sampai air yang digunakan untuk merebus mulai surut dan hampir habis. Biasanya dalam kondisi ini daging sudah benar-benar empuk.

Lain halnya untuk jenis ayam kampung yang biasanya dikenal memiliki tekstur daging lebih keras. Jika tekstur daging memang keras maka bisa dilakukan langkah lain. Salah satunya dengan menggunakan alat presto agar tekstur daging benar-benar lunak. Pemakaian panci presto ini juga sering digunakan saat akan mengolah daging sapi menjadi rendang.

  • Siapkan Bumbu Halus

Cara membuat rendang ayam selanjutnya adalah mempersiapkan semua bumbu yang dibutuhkan. Mulai dari daun jeruk, daun salam, bawang merah, bawang putih, ketumbar, pala, kemiri, jahe, kunyit, lengkuas, jinten, lada bubuk, cabai merah keriting, dan cengkeh. Semua bumbu ini harus dihaluskan menjadi satu dengan menggunakan blender sehingga dihasilkan bumbu halus yang rasanya mantap.

  • Masak dengan Tepat

Selanjutnya segera olah rendang dengan cara yang tepat. Silakan siapkan wajan kemudian panaskan minyak dan langsung tumis bumbu halus tadi. Setelah kandungan air dalam bumbu halus berkurang, segera tambahkan garam, gula, serta air kaldu. Dalam proses ini disarankan untuk menggunakan api sedang apalagi saat menumis bumbu agar tidak mudah gosong.

  • Tambahkan Santan Kental

Jika bumbu dan kaldu tadi sudah mulai mendidih maka langsung saja masukkan santan. Aduk terus secara perlahan hingga mengental. Setelah itu segera masukkan potongan ayam dan aduk terus hingga kering. Pastikan konsistensi santan cukup kental untuk menjaga cita rasa dari rendang yang Anda buat. Sangat disarankan untuk memakai santan alami bukan santan instan demi menjaga cita rasa.

Itulah cara membuat rendang ayam yang enak dan teksturnya lembut sehingga mudah ditelan. Tentu akan terasa semakin nikmat jika rendang yang disajikan memiliki tekstur daging yang empuk. Setelah selesai diolah, sajikan segera dengan nasi putih hangat dan kerupuk.

By admin
No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.