Perbedaan Coklat Hitam Dan Putih Dari Proses Pembuatan Hingga Kandungan Nutrisi

Perbedaan Coklat Hitam Dan Putih Dari Proses Pembuatan Hingga Kandungan Nutrisi

Siapa yang suka mengkonsumsi segelas coklat panas? Ketika hujan ataupun malam tiba, beberapa orang memilih mengkonsumsi segelas coklat panas untuk menghangatkan tubuh dan juga sebagai obat penenang alami. Coklat memang diketahui memiliki kafein dalam jumlah kecil yang bisa menghambat reseptor stress untuk bekerja. Baik coklat dalam bentuk bubuk minuman coklat maupun dalam bentuk bar siap konsumsi memiliki efek ini.

Coklat yang biasa dikonsumsi masyarakat adalah coklat hitam ataupun coklat putih. Meskipun banyak sekali kini varian coklat namun, kedua jenis coklat ini lebih mudah ditemukan di berbagai negara. Bahkan ada beberapa perayaan yang menggunakan coklat putih ataupun coklat hitam dalam perayaan tersebut. Sebut saja salah satunya adalah Valentine’s Day. Bergam minuman dari bubuk minuman coklat juga banyak disajikan dalam menu khusus café untuk merayakannya.

Baik coklat putih maupun coklat hitam memiliki proses pengolahan yang berbeda. Perbedaan diantara kedua jenis coklat tersebut terletak pada proses pengolahannya. Selain itu, kedua jenis produk tersebut juga memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Meski demikian, coklat hitam cenderung dipilih sebagai bubuk minuman coklat karena coklat hitam lebih mudah dibentuk menjadi bubuk.

Apa saja sih perbedaan dari coklat hitam dan coklat putih? Simak penjelasannya berikut.

Proses Pembuatan

Coklat hitam merupakan jenis coklat yang dibuat dengan mencampurkan gula, cocoa butter, dan bubuk cacao. Penambahan pewarna coklat juga sering diberikan untuk menciptakan bentuk coklat hitam yang sesuai. Coklat hitam sendiri merupakan bentuk umum pengolahan biji coklat menjadi produk siap konsumsi. Diversifikasi produk dengan menggunakan produk ini sendiri bisa menjadi bubuk minuman coklat, coklat bar, ataupun coklat cair siap konsumsi.

Berbeda dengan coklat hitam, coklat putih sendiri tidak menggunakan biji cacap dalam proses pembuatannya. Dimana coklat putih menggunakan mentega cacao yang dicampurkan dengan gula dan susu. Beberapa komposisi bahan makanan ini sendiri akan menghasilkan coklat putih yang cenderung lebih manis dan juga berwarna putih. Proses pembuatan coklat putih yang tidak menggunakan cacao sendiri akan berimbas pada kandungan nutrisi dalam produk.

Kandungan Nutrisi

Coklat hitam merupakan salah satu bahan pangan yang mengandung kafein Coklat ini menggunakan biji cacao untuk pembuatannya sehingga mengandung kafein yang rendah. Kandungan coklat hitam cenderung lebih menyehatkan dibandingkan coklat putih. Dimana coklat hitam mampu mengontrol pembentukan kolesterol dalam tubuh karena kandungan kafein tersebut.

Kandungan kafein dalam coklat hitam bisa menjadi penangkal stress yang baik. Hal ini bisa mendukung tubuh untuk rileks dan lebih bahagia. Coklat hitam juga kaya akan antioksidan yang bisa membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas sendiri bisa menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan seperti jantung atau kanker. Sebab itu konsumsi coklat hitam lebih direkomendasikan dibandingkan coklat putih.

By admin
No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.